RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK
ANTARTIKA SIDOARJO
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A.
Standar Kompetensi: 3. Menerapkan
konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar : 3.2 Menerapkan konsep barisan dan deret
aritmatika.
C.
Indikator
v Kognitif Proses
Memahami konsep barisan
dan deret aritmatika.
v Kognitif Produk
Menyelesaikan
permasalahan dengan konsep barisan dan deret aritmatika.
v Psikomotor
Menerapkan
konsep barisan dan deret aritmatika.
v Afektif Karakter
Menumbuhkan sikap disiplin, rasa hormat dan
perhatian, tekun dan tanggung jawab.
v Afektif Ket. Sosial
Mengembangkan kemampuan dalam sosialisasi seperti: kemampuan bertanya, mendengarkan teman serta kemampuan bekerja sama.
D.
TujuanPembelajaran
v Kognitif Proses
Memahami konsep barisan
dan deret aritmatika.
v Kognitif Produk
Menyelesaikan
permasalahan dengan konsep barisan dan deret aritmatika.
v Psikomotor
Menerapkan
konsep barisan dan deret aritmatika.
v Afektif Karakter
Menumbuhkan sikap disiplin, rasa hormat dan
perhatian, tekun dan tanggung jawab.
v Afektif Ket. Sosial
Mengembangkan kemampuan dalam sosialisasi seperti: kemampuan bertanya, mendengarkan teman serta kemampuan bekerja sama.
E. Materi Ajar
Barisan aritmatika adalah suatu barisan yang selisih tiap dua
suku berurutan selalu tetap atau konstan.
Misalkan
U1, U2, U3, . . .Un adalah barisan
aritmatika, maka jumlah dari semua barisan tersebut atau ditulis dalam bentuk U1
+ U2 + U3 + . . .Un disebut deret aritmatika (
DA) dan dilambangkan dengan Sn.
F. Model
Pembelajaran
Model :
Pembelajaran PBI
(Problem Based Instruction)
Metode : Ceramah,
tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas
Pendekatan :
Induktif
G.
Langkah-langkah pembelajaran
Pendahuluan :
1. Mengucapkan salam dan dilanjutkan
dengan berdoa sebagai implementasi
nilai religius.
2. Pengkondisian kelas dengan
pembiasaan sebagai implementasi nilai disiplin.
3. Apersepsi : Menggali pengetahuan tentang fungsi kuadrat.
4. Memotivasi : Menciptakan semangat dalam pembelajaran dengan bertanya jawab tentang fungsi kuadrat.
5. Prakonsep : Menyampaikan materi konsep awal materi fungsi kuadrat.
6. Penyampaian tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
·
Kegiatan 1
þ
Siswa diberi
penjelasan tentang kompetensi
yang harus dikuasai sesuai dengan materi,manfaat dari kompetensi. (rasa ingin tahu)
þ
Siswa bersama guru
membahas materi sesuai dengan indikator. (tanggungjawab)
þ
Siswa memperhatikan penjelasan guru, menyimak
dengan baik, mencatat yang penting. (menghormati, tanggung jawab,
komunikatif, rajin)
Eksplorasi
þ Siswa mencari informasi tentang pembelajaran dalam bimbingan guru. (mandiri)
þ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru. (memperhatikan)
Elaborasi
þ Siswa dan guru mendiskusikan pelajaran hari ini.
(kerja keras)
þ
Siswa dengan bimbingan guru membacakan hasil diskusinya di depan
kelas. (tanggung jawab)
þ Siswa dan guru membuat kesimpulan mengenai pelajaran hari ini. (kreatif)
Konfirmasi
þ Siswa mendapat penilaian
dari guru tentang tugasnya.
þ Siswa mendapat motivasi dari guru.
Kegiatan Penutup
þ
Siswa mendapat umpan
balik dari gurunya secara lisan. (jujur, mandiri, kreatif, kerja
keras)
þ
Siswa diingatkan
gurunya agar lebih giat belajar. (semangat positif)
þ Siswa dan guru menutup pelajaran dengan doa. (religius)
þ Siswa dan guru saling mengucap salam. (religius)
I. Alat dan sumber belajar
Sumber:
·
Buku Erlangga
Matematika SMK kelas XI
·
LKS Matematika SMK
kelas XI
·
Buku referensi lain
Alat :
·
Laptop
·
LCD
G. Penilaian hasi lbelajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
|
- Menyelesaikan
permasalahan dengan konsep barisan dan deret aritmatika.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Carilah suku ke-11 dari
barisan 7,
10,13,16,...!
|
Mengetahui,
Sidoarjo,………….........
Guru
pamong Guru
(……………………) (Vinsensius
Kou)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar