Sabtu, 10 November 2012

matematika


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMK ANTARTIKA SIDOARJO
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : XI/1
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi: 3. Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
B.  Kompetensi Dasar  : 3.2   Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika.
C. Indikator
v  Kognitif Proses
Memahami konsep barisan dan deret aritmatika.
v  Kognitif Produk
Menyelesaikan permasalahan dengan konsep barisan dan deret aritmatika.
v  Psikomotor
Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika.
v  Afektif Karakter
Menumbuhkan sikap disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun dan tanggung jawab.
v  Afektif Ket. Sosial
Mengembangkan kemampuan dalam sosialisasi seperti: kemampuan bertanya, mendengarkan teman serta kemampuan bekerja sama.
D. TujuanPembelajaran
v  Kognitif Proses
Memahami konsep barisan dan deret aritmatika.
v  Kognitif Produk
Menyelesaikan permasalahan dengan konsep barisan dan deret aritmatika.
v  Psikomotor
Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika.
v  Afektif Karakter
Menumbuhkan sikap disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun dan tanggung jawab.
v  Afektif Ket. Sosial
Mengembangkan kemampuan dalam sosialisasi seperti: kemampuan bertanya, mendengarkan teman serta kemampuan bekerja sama.
E.  Materi Ajar
Barisan aritmatika adalah suatu barisan yang selisih tiap dua suku berurutan selalu tetap atau konstan.
Misalkan U1, U2, U3, . . .Un adalah barisan aritmatika, maka jumlah dari semua barisan tersebut atau ditulis dalam bentuk U1 + U2 + U3 + . . .Un disebut deret aritmatika ( DA) dan dilambangkan dengan Sn.
F. Model Pembelajaran
Model                   : Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction)
Metode                 : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas
Pendekatan          : Induktif        

G. Langkah-langkah pembelajaran
Pendahuluan :
1.      Mengucapkan salam dan dilanjutkan dengan berdoa sebagai implementasi nilai religius.
2.      Pengkondisian kelas dengan pembiasaan sebagai implementasi nilai disiplin.
3.      Apersepsi           : Menggali pengetahuan tentang fungsi kuadrat.
4.     Memotivasi         : Menciptakan semangat dalam pembelajaran dengan bertanya  jawab tentang fungsi kuadrat.
5.      Prakonsep          : Menyampaikan materi konsep awal materi fungsi kuadrat.
6.      Penyampaian tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
·         Kegiatan 1
þ  Siswa  diberi  penjelasan  tentang kompetensi yang harus dikuasai sesuai dengan materi,manfaat dari kompetensi. (rasa ingin tahu)
þ  Siswa bersama guru membahas materi sesuai dengan indikator. (tanggungjawab)
þ  Siswa  memperhatikan penjelasan guru, menyimak dengan baik, mencatat yang penting. (menghormati, tanggung jawab, komunikatif, rajin)
   Eksplorasi
þ  Siswa mencari informasi tentang pembelajaran dalam bimbingan guru. (mandiri)
þ  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru. (memperhatikan)
Elaborasi
þ  Siswa dan guru mendiskusikan pelajaran hari ini. (kerja keras)
þ  Siswa dengan bimbingan guru membacakan hasil diskusinya di depan kelas. (tanggung jawab)
þ  Siswa dan guru membuat kesimpulan mengenai pelajaran hari ini. (kreatif)
Konfirmasi
þ  Siswa mendapat penilaian dari guru tentang tugasnya.
þ  Siswa mendapat motivasi dari guru.
Kegiatan Penutup
þ  Siswa mendapat umpan balik dari gurunya secara lisan. (jujur, mandiri, kreatif, kerja keras)
þ  Siswa diingatkan gurunya agar lebih giat belajar. (semangat positif)
þ  Siswa dan guru menutup pelajaran dengan doa. (religius)
þ  Siswa dan guru saling mengucap salam. (religius)

I.     Alat dan sumber belajar
Sumber:
·      Buku Erlangga Matematika SMK kelas XI
·      LKS Matematika SMK kelas XI
·      Buku referensi lain
Alat :
·      Laptop
·      LCD

G.  Penilaian hasi lbelajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
-  Menyelesaikan permasalahan dengan konsep barisan dan deret aritmatika.
Tes tertulis

Uraian

Carilah suku ke-11 dari barisan 7, 10,13,16,...!

Mengetahui,                                                                           Sidoarjo,………….........
Guru pamong                                                                                             Guru

(……………………)                                                                          (Vinsensius Kou)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar